RSS

Candi Prambanan

17 Jan

Setelah sekian lama akhirnya kesampean mbolang sendirian lagi. Heheh… Petualanganku kali ini adalah ke Candi Prambanan. Sebenernya petualangan ini tanpa rencana sama sekali. Aku yang sedang suntuk di rumah akhirnya memutuskan untuk pergi keluar dan akhirnya sampai deh di candi Prambanan.

Image

Welcome to Prambanan Temple

Dari rumahku yang ada di Boyolali kota, perjalanan ke Candi Prambanan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam lewat Klaten. (kec.rata2 80km/jam). Saat itu pengunjung tidak banyak karena memang hari senin dan masa liburan telah usai. Tapi aku rasa cukup ramai untuk ukuran hari seperti itu. Setelah aku memarkirkan motor, aku berjalan sekitar 5-10 menit untuk menuju ke loket masuk. Area parkir yang dimiliki memang cukup luas.

Aku sedikit kaget ketika membeli tiket masuk. Harganya 30rb. Cukup mahal untuk seorang pengangguran seperti ku..heheh.. Tiket yang di berikan tidak seperti karcis masuk lainnya. Tiket ini seperti kartu yang ketika masuk akan dikembalikan lagi. Jadi tiket ini bisa digunakan berulang kali oleh pihak pengelola. Ini merupakan peta wilayah Candi Prambanan.

Image

Peta Candi Prambanan

Begitu masuk kita harus berjalan sekitar 10-15 menit untuk bisa mencapai komplek utama candi. Sebelum memasuki komplek, di sana terdapat taman yang cukup luas, yang penataannya begitu rapi dan bersih. Di sini juga terdapat prasasti peresmian yang diresmikan oleh Soeharto pada tanggal 6 Juli 1989.

Image

Peresmian Candi

Image

Taman Depan

Penunjuk arah disini cukup jelas sehingga tidak membingungkan pengunjung. Ternyata Candi Prambanan memiliki 4 komplek candi yaitu Candi Roro Jonggrang, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Sewu. Candi Roro Jonggrang adalah komplek utama candi.

Image

Candi Roro Jonggrang Tampak Samping

Image

Candi Roro Jonggrang Tampak Depan

Image

Candi Roro Jonggrang

Image

Bongkahan Candi I

Di depan komplek candi ini akan terlihat bongkahan-bongkahan candi. Aku juga kurang begitu tau pasti kenapa seperti itu. Tapi kemungkinan karena di temukan sudah dalam kondisi seperti itu.

Image

Bongkahan Candi II

Image

Bongkahan Candi III

Begitu masuk komplek candi ini jika di perhatikan baik-baik akan terlihat seperti pola di sana. Komplek ini berbentuk segiempat dimana masing-masing sudutnya terdapat candi kecil yang bernama Candi Patok dan di keempat sisinya terdapat gapura seperti pintu masuk dan di depan masing-masing pintu masuk itu ada 1 candi kecil yang bernama Candi Kelir.

Image

Candi Patok

Image
Candi Prambanan adalah Candi Hindhu. Di dalam Agama Hindhu dikenal 3 dewa yang disebut Trimurti. Candi ini terdiri dari 3 candi utama yang menggambarkan ketiga dewa tersebut, yaitu Brahma, Wisnu, dan Shiwa. Candi induk ditempati Dewa Shiwa sebagai Maha Dewa. Candi Brahma dan candi Wishnu masing-masing memiliki satu buah bilik yang ditempati oleh patung dewa-dewa yang bersangkutan. Sedangkan pada candi induk berisi patung Durga, permaisuri Dewa Shiwa, tetapi umumnya masyarakat menyebutnya sebagai patung Roro Jonggrang.
Image
Image
Image

Di depan ketiga candi dari Dewa Trimurti itu terdapat tiga buah candi yang berisi kendaraan ketiga dewa tersebut. Candi Nandi, yang berisi patung sapi bernama Nandi, yaitu kendaraan Dewa Shiwa. Candi Angsa sebagai kendaraan Brahma dan Candi Garuda sebagai kendaraan Wishnu. Tapi disana aku hanya masuk di dua candi, karena cukup ngeri berada didalam sendirian. Karena memang gelap.heheh… Kemudian diantara candi dari Dewa Trimurti dan Candi kendaraannya ini masih terdapat 2 candi kecil di kanan kirinya yang bernama candi apit.

Image

Image
ImageCandi Shiwa masih terlihat pembangunan tapi masih aman untuk dimasuki pengunjung dengan memakai helm lapangan. Pembangunan ini adalah perbaikan atas kerusakan yang di akibatkan oleh gempa yogya yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Ternyata memang memberikan kerusakan yang cukup berarti. Di sana juga terdapat monumen gempa sebagai peringatan terjadinya gempa.
Image
Setelah cukup berkeliling, aku keluar dari komplek ini. Begitu berjalan sekitar 10 menit, kita akan menemukan taman bermain disana. Di sana juga terdapat kereta kelinci untuk berputar melihat komplek candi yang lain karena memang masing-masing komplek ini letaknya berjauhan. Selain kereta kelinci di sana juga disewakan sepeda untuk berkeliling. Aku pikir kayaknya asyik berkeliling naik sepeda. Akhirnya aku pilih menyewa sepeda single (ada speda double juga) yang harga sewanya 10rb.
Aku berkeliling melihat komplek candi yang lain. Tapi candi-candi ini lebih kecil dan kebanyakan tidak dalam kondisi utuh. Dan kelihatannya juga tidak banyak di kunjungi.
ImageImageImageSetelah cukup berkeliling naek speda, aku lanjutkan ke museum candi. Bangunan utama museum ini berupa pendopo yang terdapat gamelan dan beberapa koleksi lukisan. Kemudian masuk ke ruang-ruuang dimana trdapat arca dan benda-benda peninggalan sejarah lainnya. Ada juga cerita alur pembuatan relief candi. Aku rasa penataan di museum ini cukup bagus.
Image
Image
Image
Image
Setelah memasuki seluruh ruang dan merasa puas aku putuskan untuk pulang. Begitu keluar dari kawasan candi ini, kita akan langsung memasuki kawasan seperti pasar yang berjualan berbagai macam oleh-oleh seperti pakaian, tas, sendal, dan berbagai macam pernak-pernik cindera mata Candi Prambanan lainnya. Tapi hati-hati klo berbelanja disini. Harus pandai-pandai menawar. Harga sebenarnya bisa cuma 1/3 atau 1/4 dari harga yang di tawarkan. Ups…heheh😛
Di area ini juga terdpat kantin yang berderet yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Tapi ya dimaklumi saja jika harganya lebih mahal. heheh
Yak, sekitar 2,5 jam aku berjalan akhirnya aku harus mengakhiri petualanganku kali ini. Sampai jumpa d petualangan berikutnya.😉
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
~dzura
 
Leave a comment

Posted by on January 17, 2013 in Jawa Tengah, Sejarah

 

Tags: , , , , , , , , ,

Don't be a silent reader.. Give us comment, please..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: