RSS

Pantai Kuwaru

28 Apr

Akhirnya lenongers bisa jalan-jalan bareng lagi. yey…😀 Sayangnya gak full tim. Tapi lumayanlah ada 6 orang yang ikutan jalan-jalan kali ini. Ada edjhe, iruru, anis, roma, indra, dan aku, dzura. Jalan-jalan sebelumnya lenongers lebih sering ke gunung, karena itu kami memutuskan untuk ke pantai. Kebetulan salah satu lenongers yaitu edjhe rumahnya deket pantai dan kita belum pernah ke rumah edjhe. Akhirnya deal kita putuskan buat ke rumah edjhe (si edjhe jadi open house😀 ) lalu ke pantai. Pantai yang kita tuju nanti adalah Pantai Kuwaru. Tepatnya di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Hari itu Rabu tanggal 17 April 2013. Kita start dari tempat beda. Aku dan anis start dari Boyolali jam 8.15, Iruru dan Indra start dari Solo jam 7.45 lalu jemput roma di klaten. Kita janjian ketemu di Prambanan jam 9.00. Jam 9.15 aku dan anis tiba di Prambanan dan ternyata iruru dan indra baru berangkat dari rumah roma jam 9.00. “Wah bakal nyampe rumah edjhe siang nih”, pikirku. Tapi apa boleh buat, kita harus nunggu. Cuaca waktu itu panasnya gak nguatin. aku dan anis pus akhirnya cari tempat yang lebih teduh. Jam 9.45 akhirnya iruru, indra, n roma datang. Kita langsung cus menuju rumah edjhe. Karna kita belum tau rumah edjhe, dan gak tau jalan jogja, edjhe jemput kami di perempatan jalan Parangtritis. Sekitar 30 menit jalan, kita ketemu edjhe. Tunggu dulu, perjalan masih belum berakhir. Masih butuh waktu 30 menit lagi untuk sampai ke rumah edjhe. Fiuh, jauhnya dan yang pasti, panaaasss. jam 10.45 akhirnya kita sampai di rumah edjhe, di dusun Juwono, desa triharjo, Bantul, Jogjakarta. Dan ternyata, rumahnya gak jauh dari rumah simbah kakak sepupuku. Cuma beda RT. Betapa sempitnya dunia ini. heheh

Begitu sampai kita sejenak melepas kelelahan setelah total 3 jam perjalan (dari solo). Tak lama kemudian kita disuguhi berbagai makanan khas jogja. Ada geplak, bakpia, hmm,, lainnya lupa, heheh. Lalu dilanjutkan makan siang. “Horreeee makan.” *dalam hati anak2 yang belum sempat sarapan. hahahah. Setelah makan, lalu dzuhur. Sebenarnya masih ‘aras-arasen’ untuk beranjak karna panasnya. Tapi kita harus segera berangkat, takutnya kesorean pulangnya. Sekitar jam 12.45 berangkat dari rumah edjhe. Kita jalan selama kurang lebih 30 menit. Tapi kali ini perjalanan lebih menyenangkan, karna melewati jalan pedesaan yang masih banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang, jadi gak panas dan sejuk. Jalannya pun sudah halus full aspal. Padahal itu jalan pedesaan. Beda dengan jalur yang aku lewati saat berangkat dari boyolali. Jalannya berasa offroad. Padahal itu jalan utama. Haddeh..-_- Angin dan bau laut mulai terasa. hwah, akhirnya, pantai. Oiya, biaya masuk ke area wisata ini sebesar 5rb tiap motor yg berisi 2 orang. Karcisnya yang seharusnya dapet 6, kita cuma di kasih 3. y sudahlah…

Pantai Kuwaru

Begitu masuk kawasan, kita langsung memarkirkan motor yang berada di sekitar warung-warung yang ada di pintu masuk pantai Kuwaru.

Langkah Awal

Setelah kita pakir, kita jalan di pinggiran pantai. Dulu di tepian pantai ini banyak ditumbuhi pohon-pohon cemara, sehingga lebih teduh, tapi begitu terkena abrasi, banyak pohon cemara yang hilang. Tapi di sana masih tersisa bangkai pohon-pohon yang terkena abrasi.

Pasca Abrasi

Akar Cemara

Di tepian ini juga terdapat warung yang berjejer, ada pula yang menyediakan kolam renang.

Anis-Roma

Di sini juga disewakan atv yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai. Sayangnya kami tidak bertanya berapa sewanya. Kami lebih memilih untuk jalan kaki menikmati pantai.

Tepian Pantai

Tak lama berjalan, akhirnya kita mendekat ke pantai. Sebenarnya udah dari tadi aku pengen main aer. hahah.

Sisa Abrasi

Karena waktu itu bukan hari libur, tidak banyak pengunjung yang datang. kami trus berjalan menyusuri pantai sambil sekali-sekali foto-foto. *mumpung ada fotografernya-indra red. hahaha. Kita yang cewek-cewek jadi modelnya deh. wkwkwkwk

Fotografer Lenongers

Model-Model Lenongers

Pantai Kuwaru ini adalah pantai selatan dimana ombaknya cukup besar. sedikit maen aer dan akhirnya basah juga kena ombak.

Diserang ombak

Pasir di pantai ini hitam. Jadi terasa panas klo jalan tanpa pakai alas kaki.

LenongersKru

Kru Lenongers

Yang sangat di sayangkan adalah di tepi pantai ini banyak terdapat sampah yang berserakan.😦

Sampah berserakan

di sana kita juga liat beberapa kapal nelayan yang baru saja pulang melaut. begitu kapal datang, banyak yang menyambut untuk membantu menepikan kapal agar tidak terbawa ombak lagi. Kapal-kapal ini biasanya membawa hasil tangkapan. Tapi tidak boleh langsung dibeli dari nelayan, tapi harus melalui Tempat Pelelangan Ikan yang ada di pantai tersebut.

Setelah cukup jauh berjalan, akhirnya kami memutuskan untuk kembali. Tapi kali ini kita melewati jalan yang berbeda. Tidak lagi menyusuri pantai tapi melewati daerah yang masih banyak ditumbuhi cemara.

Hutan Cemara

Dan ternyata bagus suasananya. Coba pohon cemara yang di tepian pantai tidak terkena abasi, pasti lebih bagus lagi.

Cemara

Narsisme

Tak terasa adzan ashar udah terdengar dan kita sudah sampai di parkiran lagi. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang kembali ke rumah edjhe. Sesampainya di rumah edjhe, kami kembali disuguhi makanan. Hwa, makan lagi.

Open House Edjhe

Setelah beristirahat sebentar, makan, dan sholat, jam 16.30 kami pamit pulang. Karna belum hafal jalan, kami di antar lagi oleh edjhe sampai di titik temu awal dengan edjhe tadi. Awalnya kami (aku, anis, iruru, indra, roma) berjalan beriringan, tapi lama kelamaan satu persatu menghilang. Jam 19.00 ak sudah sampai rumah, dan iruru sampai kost di solo jam 19.30. Berakhirlah jalan – jalan kita kali ini. Terima kasih untuk edjhe dan kluarga yang telah menyediakan berbagai macam hidangan. heheh